Senin, 07 November 2016

TEMPAT WISATA DI BATAM

Nah , Kali Ini Saya Mau Menceritakan Tentang Tempat Wisata di Batam ,
yang kebetulan tempat Lahir saya alias kampung saya .
oke tanpa basa basi ya yuk cekidot Sob .

Tempat wisata di Batam banyak dikunjungi oleh wisatawan dimana kota Batam merupakan salah satu kota dengan kepadatan penduduk nomor tiga terbesar di Sumatra yang memiliki perkembangan sangat pesat terutama dibidang pariwisata. Kota Batam juga merupakan salah satu kota industri di Indonesia dengan pengunjung baik dari dalam negeri maupun luar negeri lumayan banyak.
Kota Batam merupakan salah satu kota yang terletak di Kepulauan Riau dengan aneka tempat wisata di Batam yang sungguh menarik untuk dikunjungi dan menjadi minat utama para wisatawan yang datang ke Batam selain untuk berbisnis. Batam dikelilingi oleh selat Singapura dan selat Malaka dengan jumlah penduduk mencapai 1.150.000 jiwa pada sensus 2012. Kali ini mytrip123.com akan membahas beberapa tempat wisata di Kota Batam yang menarik untuk dikunjungi, diantaranya ada wisata alam, wisata buatan hingga wahana permainan yang mengasikkan, untuk itu mari kita simak beberapa tempat wisata batam di bawah ini.

1. PANTAI NONGSA BATAM 
wisata batam

Panti Nongsa merupakan salah tempat wisata di Batam yang memiliki pemandangan sangat cantik, pantai Nongsa banyak dikunjungi oleh wisatawan karena keindahan pantai dengan pasir putihnya, Pantai Nongsa terletak di Kecamatan Nongsa, hanya sekitar 10 menit jika ditempuh dari bandara. Banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata ini untuk menikmati keindahan lautnya, mereka juga dapat menginap di hotel pinggiran pantai dengan harga tidak terlalu tinggi untuk menikmati keindahan pantai pada pagi hingga sore hari yang indah.


2. TEMPAT WISATA OCARINA PARK BATAM
Salah satu tempat wisata buatan di Batam adalah Ocarina, jika kita pernah datang ke Jakarta dan mengunjungi Ancol, kalau di Batam ada yang namanya Ocarina yaitu wahana permainan dengan luas sekitar 40 Hektar dan dibuka pada tahun 2008, tempat ini menjadi wisata hiburan paling populer bagi masyarakat Batam dan sekitarnya.
Dengan lokasi megah yang berada di pinggir pantai membuat betah untuk keperluan liburan keluarga, pada hari libur tempat ini banyak dikunjungi oleh masyarakat baik lokal maupun luar daerah untuk menikmati beragam wahana yang ada ditempat ini. Tiket masuk ke wisata ocarina tergolong murah, namun untuk menikmati berbagai permainan anda perlu membeli tiket di setiap loket permainan.

3. BARELANG 
Jembatan barelang adalah ikon kota batam, pada dasarnya jembatan ini dibangun untuk memudahkan pertumbuhan industri di kota batam, sebab dengan adanya jembatan barelang sistem transportasi antar pulau menjadi lebih mudah.
Diantara pulau-pulau yang disatukan oleh jembatan barelang ini adalah pulau galang, pulau galang baru, pulau Rempang, pulau nipah dan pulau tonton. Barelang itu sendiri merupakan satu akronim dengan kepanjangan Batam, Rempang dan Galang.
Banyak sekali wisatawan yang singgah sejenak di jembatan ini, untuk melihat keindahan pemandangan sekitar dan juga tak lupa untuk mengabadikan gambar dengan latar belakang jembatan Barelang tersebut.

4. PANTAI MELUR BATAM 

Pantai Melur adalah salah satu tujuan wisata di pulau Batam. Banyak wisatawan yang menghabiskan liburan mereka di pantai yang cukup luas ini. Kita dapat menikmati keindahan pantai dan hamparan pasir pantai yang luas, angin yang sepoi-sepoi di pantai ini membuat kita menjadi lebih rileks. Sangat cocok sebagai tempat berlibur di akhir pekan bersama keluarga.

5. OBJECT WISATA KAMPUNG VIETNAM BATAM


Kampung ini terletak di Pulau Balang. Sedikit kisah sejarah dari Kampung Vietnam di Pulau Balang ini, dulunya kampung ini memiliki kisah yang tragis. Pada tahun 1979, kampung ini dijadikan tempat pengungsian oleh ratusan ribu warga Vietnam akibat perang saudara di negaranya. Warga Vietnam yang sedang dilanda perang tersebut akhirnya harus rela mengarungi lautan yang luas demi menyelamtkan diri dari perang saudara tersebut. Hingga akhirnya mereka terdampar di suatu pulau di wilayah Indonesia, yaitu Pulau Galang ini.

6. PANTAI VIO VIO BATAM 

Hasil gambar untuk pantai vio vio

Tempat wisata baru di Batam dengan nama yang unik yaitu Viovio layak traveler kunjungi. Pantai ini menawarkan keindahan alam pantai, jernihnya air laut, beragamnya kegiatan air serta tak ketinggalan pemandangan matahari terbenam yang menghipnotis.


7. PANTAI MELAYU BATAM 


Satu lagi pantai yang indah di Batam tepatnya di Pulau Rempang dicapai melalui Trans Barelang. Kondisi pantai melayu tertata dengan indah dan rapi. Di sini wisatawan dapat menikmati indahnya air laut dan pasir putih pantai. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adala di pagi dan sore hari karena pada waktu itu kita dapat menikmati indahnya sunset dan sunrise dengan hembusan angin yang menyejukkan.


8. PASIR PUTIH PANTAI MIROTA 


Kali ini kita kembali lagi ke Pulau Galang, ternyata selain kampung Vietnam dan pantai Melur ada tempat lain di pulau Galang yang juga indah yaitu Pantai Mirota. Pantai Mirota dijuluki sebagai surga pasir putih di ujung Batam. Ya, pantai ini memang sangat indah dimana pasir putihnya sangat menawan dan air lautnya biru, jernih serta begitu bersih. Pantai ini layak Anda jadikan destinasi wisata Anda selanjutnya di Pulau Galang. 


9. KEBUN RAYA BATAM 


Kebun Raya ini teletak Sembulang, Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau. Pemerintah Kota Batam saat ini sedang mempercepat pembangunan Kebun Raya Batam (KRB) yang ditempatkan di Sambau, Nongsa. Kebun raya ini akan menyimpan keindahan flora Indonesia yang begitu menakjubkan. Kebun ini akan dijadikan salah satu objek wisata unggulan Kota Batam.

10. PA AUK TAWYA HERMITAGE BATAM
Hasil gambar untuk PA AUK TAWYA HERMITAGE BATAM

Pa-Auk Tawya Vipassanā Dhura Hermitage, mungkin banyak dari orang Batam merasa asing dengan nama ini, saya pun begitu sampai akhirnya sama menjejakkan kaki ke wihara yang terletak di dalam hutan Rempang ini. Pa-Auk Tawya ini merupakan sebuah tempat ibadah berupa vihara yang digunakan oleh para Biksu untuk bermeditasi, letak Pa-Auk Tawya  jauh dari keramaian. Untuk menuju tempat ini jalan yang akan di lalui belum bagus. Jika ingin berkunjung ke vihara ini, kita bisa melihat petunjuk jalan yang terletak di sebelah kanan jalan dari arah jembatam 4 Barelang. Plang nama yang ada di sisi kanan jalan tidak terlalu besar, bertuliskan Pa-auk Tawya, di belakang plank nama ada sebuah bangunan berbentuk vihara mini yang belum selesai di bangun. Dari plank nama ini terdapat jalan tanah memerah, ikuti saja jalan berbatu ini, jalannya memang sedikit ekstrim, jika hari hujan atau tanahnya dalam keadaan becek, sangat tidak disarankan untuk mengunjugi tempat ini, karena jalan menuju vihara ini cukup curam. Mungkin kedepannya akan di perbaiki menjadi lebih baik.


11. PANTAI TANJUNG PINGGIR BATAM 

Hasil gambar untuk pantai tanjung pinggir

Pasir putih di Pantai Tanjung Pasir di kawasan Sekupang memang membuatnya cantik memesona di mata wisatawan. Dan di tambah lagi pemandangan nya langsung ke singapura . 


12. KTM RESORT BATAM

Hasil gambar untuk ktm resort batam

Tak hanya dikenal sebagai pusat industri, Batam di Kepulauan Riau juga bertaburkan tempat wisata dan penginapan-penginapan mewah, salah satunya KTM Resort yang berada di ujung Sekupang. Resort ini tampak tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara, terutama di hari-hari libur. KTM Resort juga seringkali menjadi sasaran kedatangan para warga keturunan Tionghoa setelah mengunjungi patung raksasa Dewi Kwan Im dan melakukan ritual keagamaan di lokasi ini.

13. TURI BEACH RESORT 



Turi Beach Resort Batam adalah hotel 5-bintang terletak di bagian timur laut Pulau Batam, dan 35 menit dari Singapura dengan kapal ferry dan 15 menit dari Bandara Hang Nadim. Ditengah 7,7 hektare taman hijau yang indah di sebuah desa tropis tenang, dengan semua 140 kamar dan suite menghadap ke laut yang juga tersebar di bagian depan pantai dan lereng bukit.


14. ALUN ALUN ENGKU PUTRI BATAM 




 Alun-alun Engku Putri terletak di pusat pemerintahan Kota Batam. Di mana semua aktifitas pemerintahan dan ekonomi Kota Batam berjalan. Alun-alun ini dikelilingi oleh kantor-kantor pemerintah seperti Kantor Walikota, DPRD, PLN, Imigrasi, Kantor Bersama Samsat dan Bank Indonesia sehingga untuk urusan administrasi bisa dilakukan di satu tempat. Selain itu, di sekitar alun-alun juga terdapat fasilitas berbelanja (Mega Mall Batam Center), tempat menginap (Harris Hotel), pelabuhan (Batam Center Ferry International Terminal) dan tempat ibadah (Mesjid Raya Batam dan Asrama Haji).
Di alun-alun Engku Putri terdapat berbagai macam fasilitas, sehingga warga Batam sering datang ke alun-alun untuk beraktifitas ataupun sekedar berjalan-jalan. Terletak persis di halaman Kantor Walikota, di tengah alun-alun adalah lapangan upacara yang luas yang bercorak bintang dengan warna yang cerah, dengan panggung permanen di sisi utara lapangan.

15. MASJID AGUNG  BATAM



Masjid Agung Batam atau disebut Masjid Raya Batam (MRB) merupakan sebuah masjid yang terletak di Batam Kepulauan Riau Indonesia. Masjid ini memiliki kubah dengan bentuk unik yang berdesain limas segi empat atau seperti piramida. Masjid ini dilengkapi dengan menara setinggi 66 m. Selain menjadi tempat ibadah, masjid ini menjadi pesona daya tarik pariwisata.


16. PULAU ABANG BESAR 



Bagi Anda pencinta keindahan bawah laut, Pulau Abang Besar cocok bagi Anda yang menggemari kegiatan tersebut. Rasanya layak tempat ini disandingkan dengan keindahan bawah laut Bunaken. Sangat mengasyikkan berlibur di pulau ini karena benar-benar view yang indah.


17. MATA KUCING BATAM



Mata Kucing Batam? Hutan wisata? Mendengar namanya tentu agak aneh, kenapa diberi nama seperti itu ya? Berdasarkan cerita, pada zaman dahulu tempat ini adalah sebuah hutan yang hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki dan belum dapat sama sekali dilewati oleh kendaraan, saat itu masyarakat yang tinggal di daerah ini pada malam hari sering melihat cahaya-cahaya terang dari dalam hutan yang mengincar dan melihat ke arah mereka, dan konon mata itu adalah mata dari seekor harimau. Namun, masyarakat Batam saat itu sangat menjaga adat yaitu pantang sekali menyebut kata “Harimau”. Dan untuk mengganti kata harimau tersebut, maka disebutlah “Mata Kucing” untuk menghaluskan istilah tersebut.


18. NAGOYA HILL MALL

Hasil gambar untuk nagoya hill batam

Nagoya Hill Superblock atau dikenal juga dengan Nagoya Hill Mall adalah salah satu mall yang ada di Batam Kepulauan Riau. Mall ini terletak di Jalan Teuku Umar Batam suatu kawasan di jantung kota Batam dan di kelilingi oleh Hotel, Perkantoran, Perbankan, Rumah Sakit, dan Terminal Feri. Berbagai tenant besar ada di mall ini untuk mewujudkan moto "One Stop Shopping And Fun"


19. MEGA MALL BATAM

Hasil gambar untuk megamall batam

Mega Mall Batam Center adalah salah satu mall besar yang ada di kawasan Batam Center. Mall ini terintegrasi dengan Masjid Raya Batam CenterBatam Ferry Portkantor wali kotaKantor DPRDkantor BIdan dengan jarak dekat untuk menuju ke Gedung Otorita Batam dan kompleks perumahan modern Coastarina, Karena letaknya yang strategis yakni di pusat kota Batam. Di mall ini terdapat Hypermart dan Matahari Department Store dan Cinema XXI.


20. CITYWALK BATAM

Hasil gambar untuk citywalk batam

disini terkenal dengan wahana permainan nya .
beraneka ragam permainan yang dapat di nikmati .

21. KEPRI MALL

Hasil gambar untuk keprimall batam

Kepri Mall adalah salah satu pusat perbelanjaan yang ada di Batam, Kepulauan Riau. Lokasi sangat strategis terletak di antara empat persimpangan jalan menuju Mukakuning.



22. DRAGON LAKE 

Hasil gambar untuk dragon lake batam

Ini juga tempat yang paling kalau sore hari . mau hari libur atau pun hari biasa sama padet nya karena banyak yang ingin bersantai ria di lokasi ini.
khusus warga bengkong mungkin ini adalah tempat ngadem . .


23. GOLDEN PRAWN

Hasil gambar untuk golden prawn rumah adat

Nah ,, disini juga ni tempat paling sering dikunjungi ..
bisa menikmati jajanan . dan kuliner nya di restoran nya.


24. WELCOME TO BATAM

Hasil gambar untuk welcome to batam

ini biasa anak batam bilang nya WTB .
Simbol ini sengaja dibangun di atas Bukit Clara karena menghadap langsung ke Terminal Feri Internasional Batam Centre. Setiap wisatawan yang datang akan dapat melihat langsung tulisan tersebut. Dan dengan tulisan itu dimaksudkan Pemerintah dan Masyarakat dapat menyapa langsung para wisatawan yang baru tiba dari luar negeri.


Demikian yang dapat saya ukir ,, masih banyak lagi sebenarnya tempat wisata di batam
tapi di lain kesempatan akan saya urai lebih jauh lagi ..
terima kasih ..
semoga bermanfaat :)


0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates